Jumat, 10 Agustus 2012

koedelos & toko ngemil terus

time does flies. ngga kerasa sudah setahun lebih koedelos  frozen brownies bermitra dengan toko ngemil terus. 

yuk kita simak obrolan antara rien dari koedelos dan kenan dari toko ngemil terus beberapa waktu lalu

awal mula tau koedelos dari?
awal mula tau koedelos dari sebuah account twitter yang me-retweet @koedelos. karena namanya unik nan klasik, jadi saya klik bio nya. ternyata di bio tersebut bertuliskan "Frozen Brownies" jadi saya baru mengerti bahwa koedelos adalah brand frozen brownies pertama yg pernah saya lihat eksistensinya.




setau saya, ketika mengajukan permohonan untuk bermitra dengan koedelos, kenan belum pernah nyoba koedelos tapi saya nilai cukup 'nekat' mau bermitra dengan koedelos dengan jumlah order yang ngga nanggung - nanggung. nah, pengen tau dong alesan atas kenekatan itu? 
bagi saya, bisnis itu diperlukan unsur kenekatan yang visionaris, bukan kenekatan yang cuma modal nekat aja. saat mengetahui ternyata brownies itu ada yang berjenis beku atau frozen, saya yakin bahwa ini adalah sebuah inovasi dalam dunia kuliner. saya langsung berpikir toko snack saya yang bernama "toko ngemil terus" harus menjual produk inovatif ini terlepas dari enak atau tidaknya (enak atau tidaknya rasa bisa diatasi belakangan). tanpa panjang lebar, langsunglah saya menelpon contact person "koedelos" dan bertanya ini-itu mulai dari harga, pengiriman, masa expired, penyimpanan, dll. ternyta, untuk menjual ini diperlukan sebuah freezer yang belum saya miliki. malam itu juga, dengan rasa nekat yang beradu dengan segumpal keyakinan, saya menguras rekening toko ngemil terus yang kebetulan saat itu pas sekali dengan harga freezer yang bisa saya beli di sebuah toko elektronik terkemuka di Jakarta dan membeli freezer tersebut. freezer itu pun dikirim keesokan harinya ke toko saya, dan saya langsung memesan "Frozen Brownies Koedelos" dalam jumlah yang lumayan banyak untuk segera dijual di toko ngemil terus. hasilnya, kenekatan saya malam itu, terbayar dengan tersedianya pilihan snack inovatif yang enak, yang dapat dinikmati oleh pelanggan toko saya. pelanggannya pun terus bertambah dari hari-ke-hari.




saat ini toko ngemil terus sudah memiliki dua toko dan akan terus bertambah. ada kiat sukses?
kiat sukses ya? hmmmm  jika memang dengan umur se-dini ini dikategorikan sukses, berarti kiat-kiat dari saya yang bisa saya sampaikan adalah pertama, mulailah usaha itu dulu, maka anda akan dipaksa berpikir. jangan banyak berpikir dulu, nanti malah ga mulai-mulai usaha. kedua, jangan terburu-buru menikmati hasil usaha. putar terus hasilnya sampai anda memiliki cabang usaha lain yang nantinya akan me-leverage pendapatan anda




ada ngga sih suka duka berjualan koedelos frozen brownies di toko ngemil terus? 
sukanya adalah, dapat memberikan informasi ke pelanggan bahwa ada produk baru yang mungkin belum pernah mereka lihat sebelumnya. dan saat mereka menunjukkan ekspresi penasarannya akan adanya brownies beku, disitulah rasa senang membanjiri. dukanya, susah sekali menyuntikkan doktrin ke konsumen bahwa "harga itu ga pernah bohong" ke konsumen. ini terkait dengan harga frozen brownies yang harus kita akui sedikit lebih mahal dari brownies biasa walaupun kita sebagai penjual sadar akan besarnya biaya untuk memproduksi brownies masterpiece ini





dan ketika akhirnya kenan makan koedelos frozen brownies, rasanya adalah?
rasanya ibarat makan brownies bertekstur ice cream cake. rasa browniesnya tidak bikin enek. padahal, saya orang yang tidak bisa menikmati nikmatnya brownies jenis kukus, ataupun panggang, dikarenakan rasa manisnya yang selalu membuat saya tak mau gigitan ke-3. bahkan, untuk menghabiskan sepotong brownies kukus, dulu saya pernah mencoba memasukkannya ke dalam freezer selama 2 jam, baru saya bisa memakannya sampai habis. saya berani bertaruh sensasi dinginnya itulah yang membuat frozen brownies koedelos berbeda jika dibandingkan dengan makan brownies jenis lain 




terakhir, saran dan masukan untuk koedelos?
masukan saya adalah, koedelos harus lebih gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa ada brownies jenis beku yang dimakannya harus langsung saat keluar dari freezer. sosialisasi yang baik pastinya akan mempercepat awareness masyarakat akan keberadaan produk ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar