Minggu, 15 April 2012

Koedelos @MIHAS 2012 - Global Market Showcase

Editor's note
Beberapa waktu yang lalu, Koedelos mendapat kesempatan untuk berpartisipasi mengikuti acara MIHAS (Malaysia International Halal Showcase) di Kuala Lumpur, Malaysia. Langsung kita simak aja catatan kecil dari Adel yang mewakili Koedelos untuk hadir di 9th Malaysia International Halal Showcase pada tanggal 3 - 9 April 2012 yang lalu.


The Big News
Dapat kesempatan menembus pasar global, bersanding dengan produk-produk hebat dari banyak negara, dan yang paling bikin bangga..bisa mewakili Kota Bandung & Indonesia? That sure was a big news for us!

Sungguh sebuah kehormatan bagi Koedelos, bisa menjadi delegasi Dinas Koperasi & Usaha Kecil Mandiri - Departemen Perindustrian & Perdagangan Kota Bandung di MIHAS 2012 - The 9th Malaysia International Halal Showcase. Ajang global market yang sudah punya reputasi sebagai event produk halal paling bergengsi dan paling dinanti di dunia.

The D-Day
Pada tanggal 3 April 2012 Koedelos bertolak ke Kuala Lumpur bersama rombongan delegasi Indonesia. Ada perwakilan Bumbu Bamboe, Teh Walini, Derisol, Kopi Kamu, Saga Luwak Coffee, Ulen Pay-U, Chaparrela, dan masih banyak lagi. We became friends instantly. Apalagi begitu tiba di venue untuk set up booth, semangat gotong royong muncul tanpa perlu dikomando. Paviliun Indonesia di KLCC-Kuala Lumpur Convention Center jadi rumah kami selama empat hari, 4-7 April 2012.

The Event
Koedelos menyadari betul bahwa MIHAS adalah event berskala besar. Dan hal itu semakin nyata, since day one. Hal A & B KLCC nan megah dipenuhi booth dari 33 negara peserta. Wow, amazing! Sulit rasanya menahan diri untuk tetap tinggal di booth sendiri dan tidak keliling untuk mencicipi tester dari berbagai negara. Hahaha..

Oh, well..lagipula sulit sekali menemukan kesempatan untuk keliling. Sejak opening hour jam 10 pagi sampai closing jam 7 malam, booth kami tidak pernah sepi dari visitor.  Semua aktif bertanya tentang Koedelos, dan tentu saja aktif mencicipi tester. Momen ini kami manfaatkan untuk melakukan test market. Kami kumpulkan sebanyak-banyaknya respon.

Uniknya, MIHAS punya peraturan ketat tentang beberapa hal.  Usia para visitor dibatasi mulai dari 18 tahun ke atas. Kemudian hari ke-1 sampai ke-3, hanya untuk kalangan business buyer, serta tidak dipenankan untuk selling. Baru pada hari terakhirlah showcase dibuka untuk umum dan dipersilahkan untuk selling. But still, children are not allowed inside the venue.

Setiap jam pejabat-pejabat penting Malaysia dan VIP negara-negara peserta ikut meninjau. Bahkan Raja Malaysia juga sempat hadir. Booth Koedelos sendiri mendapat kehormatan atas kunjungan Wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysia. 

The Respond
Sekali lagi, kesempatan untuk melakukan test market, itulah yang kami syukuri di MIHAS 2012 ini. Respon pada hari pertama hingga hari ketiga datang dari para business buyer. Jelas, yang mereka nilai, yang mereka cari, adalah aspek-aspek menarik dari sebuah bisnis potensial. Mulai dari packaging, taste, konsep bisnis, kemampuan produksi, hingga legalitas, dan tentu saja sertifikat Halal resmi, semua menjadi pertimbangan mereka. Lalu apa respon para buyer? Mayoritas tertarik dengan taste dan konsep Frozen Brownies. Dan Koedelos mendapat potential buyer dari Singapura, Malaysia & Korea. We're very grateful..

Hari terakhir juga tak kalah serunya. Begitu dibuka untuk umum, berbagai kalangan dari berbagai kebangsaan, bergantian menghampiri booth Koedelos. Lucu juga melihat ekspresi mereka saat mencicipi Koedelos.

Beberapa orang India langsung geleng-geleng kepala sambil bilang,"this is guud, really really guud".

Orang-orang Malaysia bilang,"sedaap.. ihh, sedapnya!"


Bule-bule bilang, "wow this is actually good..very nice!" 

Tuan-tuan Arab manggut-manggut, sambil nambah beberapa kali. (Mungkin sambil membayangkan, enak kali yaa kalo pake kurma.. Hehehe..)

Beberapa gentlemen in suites sibuk diskusi, "the drawing on their packaging has got to be European style, don't you think?"

Ada juga Chinese yang mengerenyitkan dahi sambil bilang,"waoww.. it's too sweet." Sambil sibuk cari air minum.

Beberapa ABG berbaju kurung khas Malaysia malah nekad meminjam box Koedelos untuk difoto bareng. (Box-nya doong yang diajak foto bareng.. Bukan yang jaga booth.. Hahaha!)

Feedback positif maupun negatif, semua kami kumpulkan dengan semangat.

The End
Pada akhirnya, bukan hanya rasa surprised saat potential buyer berkata, "Contact us, we're very interested with your product." Ataupun rasa senang melihat beberapa orang kembali datang berulang-ulang ke booth kami untuk mencoba tester dan membeli. Di MIHAS 2012 ini kami mendapat banyak pelajaran dari sesama peserta. Pelajaran yang membuat kami merasa tertantang untuk menjadi semakin baik, semakin berkembang, sehingga makin siap untuk menaklukkan pasar global. Makin semangat untuk berkarya. What a great event!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar